Squalene, Minyak Ikan yang Bermanfaat bagi Kulit

Squalene adalah bahan alami yang terdapat pada hewan dan tumbuhan, termasuk sebum manusia. Bisa dikatakan bahwa squalene adalah salah satu dari banyak lemak alami yang diproduksi tubuh untuk melumasi dan melindungi kulit.

Squalene diperkirakan menghasilkan sekitar 10-12 persen minyak dari kulit Anda.

Biasanya produk squalene terbuat dari proses ekstraksi minyak ikan terutama minyak hati ikan hiu. Namun ada juga yang berasal zaitun, beras, biji gandum, biji anggur, kacang, tebu dan kedelai.

Squalene juga secara alami diproduksi oleh tubuh melalui pemecahan kolesterol di hati. Namun, squalene yang diproduksi tubuh akan berkurang seiring bertambahnya usia.

Manfaat Squalene:

Antioksidan alami

Squalene mengandung antioksidan alami yang dapat melawan radikal bebas. Selain itu dapat melindungi kulit dari kerusakan dan menjaga kelembapan kulit. Dalam sejarah penggunaannya, squalene digunakan untuk mengobati luka dan mengatasi masalah kulit. Seiring waktu, penggunaan squalene berkhasiat untuk memulihkan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, serta menyamarkan bercak kulit.

Meredakan kolesterol tinggi

Squalene juga sangat baik dalam mengatasi kolesterol tinggi pada tubuh manusia karena kandungan yang ada pada squalene telah diteliti mampu menaikkan tingkat kolesterol baik atau HDL dan bisa juga menurunkan tingkat kolesterol jahat atau LDL dan trigliserida

Menjaga kesehatan tubuh

Fungsi squalene lainnya adalah untuk melancarkan sistem pernapasan, mengobati sariawan, mencegah sakit akibat proses radiasi, meningkatkan imun dan sistem kekebalan tubuh. Suplemen squalane juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah agar kondisi tidak mudah sakit. 

Mengandung sifat antitumor dan antikanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada squalane juga membuat suplemen ini banyak digunakan untuk mencegah kanker dan tumor. Suplemen ini banyak digunakan untuk mencegah kanker ovarium, payudara, paru-paru dan usus.

Peringatan dalam mengkonsumsi Squalene

Selalu ikuti petunjuk pemakaian yang terdapat di balik kemasan supplemen squalene.

Bila ingin mengkonsumsi supplemen squalene untuk menyembuhkan atau merawat tubuh yang memang sedang mengalami penyakit seperti kolesterol yang tinggi dibarengi dengan mengkonsumsi obat obatan jenis lainnya dari dokter sebaiknya memberitahukan kepada team dokter terlebih dahulu sebelum mencampur pemakaian supplemen squalene dan obat-obatan dari dokter karena dikhawatirkan akan menyebabkan interaksi obat kimiawi di dalam tubuh pasien tersebut. 

Ingat juga untuk memberikan jeda waktu atau interval waktu 2 hingga 3 jam dari pengkonsumsian obat dokter dengan pengkonsumsian atau penggunaan supplemen squalene.

Untuk pemakaian supplemen squalene yang bentuknya berupa krim, lotion atau obat oles maka sebaiknya konsumen untuk membersihkan terlebih dahulu area kulit yang akan diberikan squalene atau pemakaian bisa digunakan setelah konsumen mandi terlebih dahulu. Usahakan bagian kulit yang akan diolesi squalene dalam keadaan bersih dan juga kering. 

Bila selama pemakaian pada kulit muncul iritasi atau reaksi yang tidak diinginkan pada kulit konsumen, segeralah memhentikan pemakaian supplemen squalene dan konsultasikan keadaan kulit Anda ke dokter terdekat.

Perlu diingat bahwa untuk tidak mengoleskan krim atau losion squalene pada area kulit yang sensitif dan tipis seperti pada area sekitar mata dan sekitar membran mukosa atau area pada jaringan lunak yang melindungi area hidung, rektum, mulut dan area vagina.

Bagaimana cara menyimpan supplemen ini?

Squalene paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhan dari cahaya langsung dan tempat yang lembab. Untuk menghndari kerusakan, jangan disimpan di kamar mandi atau freezer..

Squalane, turunan dari squalene

Saat ini telah tersedia squalane, turunan dari senyawa squalene dengan kandungan yang lebih ringan dan memiliki masa simpan yang lebih lama karena tidak mengalami oksidasi. Oleh karena itu, squalane sering digunakan dalam perawatan kulit, seperti dibuat menjadi krim perawatan kulit, serum wajah dan minyak alami.

Daftar Pustaka

https://www.honestdocs.id/squalene
https://hellosehat.com/obat-suplemen/squalene/
https://lifepack.id/bio-squalane/

www.alodokter

Aktif menulis sejak bergabung dengan FLP Jepang tahun 2004. Penulis merupakan staf di Politeknik Indonesia Venezuela (Poliven) yang berlokasi di Cot Suruy, Aceh Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *