Nutrisi untuk Mata

Sebagai salah satu organ yang penting, mata tentu perlu dijaga kesehatannya. Demi mendapatkan penglihatan yang sehat, maka kita perlu memenuhi kebutuhan nutrisi mata.

Nutrisi mata dibutuhkan untuk menjaga fungsi penglihatan agar selalu optimal dan terhindar dari segala penyakit, terutama yang disebabkan oleh penuaan.

Beberapa penyakit mata seperti  Katarak, Glaukoma, Retinopati Diabetik dan Degenerasi Makula dapat dihindari jika rutin mengonsumsi nutrisi untuk mata

Dalam suatu penelitian, disebutkan bahwa diet yang buruk adalah salah satu faktor terbesar penyebab Age Relted Macular Degeneration dan Katarak.

Asupan vitamin C, vitamin E, beta karoten dan Zinc dapat secara signifikan mengurangi resiko dan merupakan natural treatments yang sangat baik untuk Macular Degeneration dan Katarak.

Adaun nutrisi yang bermanfaat untuk mata adalah sebagai berikut:

  1. Lutein

Mengandung antioksidan dan anti peradangan yang dapat menjaga mata agar tetap sehat.

Dengan mengonsumsi lutein 6 mg/hari dapat menurunkan resiko Macular Degeneration hingga 43 persen.

Lutein banyak terdapat pada buh-buhan, sayuran berwarna hijau, seperti bayam, selada, brokoli, buncis, sitrus, kuning telur, dan wortel.

  • Zeaxanthin

Menjaga jaringan mata, lensa dan macula yang memperjelas penglihatan dan mencegah masalah mata seperti katarak pada usia lanjut

Zeaxanthin banyak terdapat sayuran hijau dan jagung

  • Vitamin C

Membantu mengurangi resiko terkena katarak.

  • Vitamin E

Vtamin E dan vitamin C sama-sama dapat bekerja menjaga kesehatan mata. Vitamin E tergolong antioksidan yang sifatnya larut dalam lemak dan melindungi asam lemak dari oksidasi berbahaya.

Kandungan vitamin E dapat ditemukan pada daun hijau, bayam, wortel, pepaya

  • Zinc

Zinc berperan penting dalam Cell Division dan Cell Growth, menjaga kestabilan sirkulasi, mencegah system imun untuk menajdi terlalu aktif (autoimun)

Sumber zinc yaitu tahu, susu, kerang, kacang-kacangan dan daging.

  • Vitamin A, Beta karoten

Kita membutuhkan jumlah vitamin A yang memadai untuk mencegah mata kering, Xerophthalmia, Keratomalasia dan Rabun Senja. Asupan vitamin A dan antioksidan lainnya dapat memperlambat proses dari kerusakan saraf seperti Diabetic Neuropathy. Diabetic Neuropathy adalah kerusakan saraf yang disebabkan oleh Diabetes (kencing manis).

Vitamin A banyak terdapat pada organ hati, kuning telur dan susu. Selain itu Anda juga dapat mengonsumsi kale, bayam dan wortel.

  • Vitamin B2

Berguna untuk pertumbuhan sel dan metabolisme energy sel. Selain itu bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi stress oksidatif dalam mata. Kandungan vitamin B2 banyak terdapat pada telur, liver (hati), sayuran hijau, susu, kacang-kacangan dan jamur

  • Asam lemak omega 3

Dibutuhkan untuk regenerasi pembentukan sel otot, sel saraf dan organ lain. Juga dapat menghambat degenerasi dalam retina.

Terdapat 3 jenis omega 3 yaitu ALA, EPA dan DHA

Berasal dari ikan (salmon dan tuna), sayuran hijau, kacang-kacangan, flax seed dan chia seed.

Nutrisi mata dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan natural (tanpa pengawet) dan memiliki gizi seimbang. Selain itu juga bias dipenuhi dari suplemen tambahan.

Aktif menulis sejak bergabung dengan FLP Jepang tahun 2004. Penulis merupakan staf di Politeknik Indonesia Venezuela (Poliven) yang berlokasi di Cot Suruy, Aceh Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *